Truman, Anjing Pelacak Ular Piton Berhasil Di Misi Pertamanya

Pawang anjing Paula Ziadi, menginstruksikan Truman, setelah anjing itu berhasil melacak keberadaan ular piton sepanjang 8 kaki, Selasa, 8 Desember 2020, di Miami-Dade County, Florida.

TALLAHASSEE  - Truman, seekor anjing Labrador retriever hitam yang "bertugas" mengendus keberadaan ular piton baru-baru ini melacak ular pertamanya dalam program baru Negara Bagian Amerika Serikat (AS) Florida, untuk membasmi spesies invasif.


Melansir Associated Press (AP), Kamis (17/12/2020) Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar Florida beberapa waktu terakhir mulai melatih Truman dan anjing lain bernama Eleanor untuk mendeteksi bau ular piton dan memberikan peringatan kepada petugas ketika menemukannya.


Pekan lalu, Truman berhasil untuk pertama kalinya menemukan piton Burma sepanjang 2,4 meter di Area Perburuan Permainan Kecil Publik, Rocky Glades di Miami-Dade County.


“Kami harus tetap inovatif. Kami harus mencoba pendekatan baru dan anjing pendeteksi hanya di satu area di mana kami melakukannya," ujar Direktur Eksekutif Komisi Eric Sutton dikutip AP.


Dia menunjukkan foto anjing-anjing itu kepada para anggota komisi selama pertemuan virtual, termasuk satu foto yang menunjukkan Truman berdiri di belakang ular besar yang dia temukan.


“Mereka pekerja keras, Komisaris. Mereka benar-benar sangat berdedikasi dan Anda dapat melihat bahwa mereka sangat bangga dan memang seharusnya begitu," kata Sutton.


Diperkirakan sejumlah 100.000 dan 300.000, ular piton telah menjadi ancaman bagi ekosistem Florida Everglades yang rapuh karena mereka memangsa mamalia dan burung asli, mengganggu keseimbangan alami pemangsa dan mangsa.


Mereka berhasil berkembang biak di Everglades yang kondisinya penuh rawa karena tidak memiliki pemangsa. Betina ular piton bisa bertelur hingga 100 telur.


Pelatih anjing menggunakan handuk yang memiliki bau tubuh piton dan ular piton hidup dengan pelacak yang ditanamkan melalui proses bedah untuk mengajari anjing-anjing mengenali bau ular.


 


Anjing-anjing itu dilatih selama lebih dari sebulan sebelum pergi ke alam liar, menurut situs web agensi yang dikutip dari AP.


Dan karena ular piton Burma diketahui memakan aligator kecil dan rusa kecil, Truman dan Eleanor dilatih untuk menjaga jarak sekitar 1 meter dari reptil tersebut.


Pertempuran untuk menahan ular piton di Everglades dan daerah sekitarnya telah menjadi hal yang sulit bagi Florida, dan Gubernur Republik Ron DeSantis menjadikan upaya pemberantasan yang meningkat sebagai prioritas anggarannya.


 


Dia juga menandatangani Undang-Undang yang memungkinkan penggunaan drone atau pesawat nirawak untuk melacak ular.


[Source: Kompas]

Beli Sekarang
Berbagi

Pesan ke WhatsApp

Truman, Anjing Pelacak Ular Piton Berhasil Di Misi Pertamanya

*Harga :*%20

Pembayaran & Pengiriman

Pesan
  • Description

  • Baca selengkapnya

  • Tidak ada komentar

Tidak ada komentar